Jumat, 12 Oktober 2012

Biografi Singkat NIke Ardilla


NIKE ARDILLA
Nike Ardilla lahir di Bandung, Jawa Barat, 27 Desember 1975.  Penyanyi dengan nama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla  wafat  di Bandung, Jawa Barat, 19 Maret 1995 pada umur 19 tahun  ketika mobil Honda Civic yang dikendarainya menghantam beton di jalan RE Martadinata di kot Bandung. Selain berprofesi  sebagai  seorang penyanyi, ia juga membintangi beberapa  film,  ia juga seorang model bintang iklan. Ia meninggal dunia di saat popularitasnya sedang memuncak. Kematian Nike Ardilla adalah berita paling heboh dan paling menggemparkan dalam sejarah pertelevisian Indonesia,berita kematianya di tayangkan lebih dari 3 bulan berturut-turut, bahkan berita kematian Putri Diana pada tahun 1997 di Indonesia tak dapat menyainginya. Nike Ardilla merupakan satu-satunya  artis wanita yang setelah hampir puluhan tahun meninggalnya menjadi Cover tabloid dan atau Majalah berkali-kali, di Indonesia. Terakhir menjadi Cover Tabloid Genie 2 kali berturut-turut di Genie Edisi 36 & 38 Tahun VI bulan Maret 2010.

Merekam Album pertama pada tahun 1989. Selama sejarah entertainment Indonesia, hanya Nike Ardilla satu-satunya artis Indonesia yang mendapatkan penghormatan paling tinggi dimana setiap tanggal kelahirannya dan kematiannya selalu diperingati. Tak lama setelah kematianya nama Nike Ardilla justru menjulang. Publik masih terus membicarakan Nike Ardilla. Majalah Asia Week menafsirkan Nike dalam sebuah kalimat satir "In Dead She Soared" atau "Dalam Kematian Dia Bersinar". Setiap tahunnya ribuan penggemar yang tergabung dalam Nike Ardilla Fansclub melakukan ritual khusus pada tanggal 19 Maret dan 27 Desember yaitu berziarah ke makam dan mengadakan acara mengenang Nike seperti memutarkan film-film Nike dan menyanyikan lagu-lagu Nike di Bandung, tempat kelahiran dan tempat berpulangnya Nike. Sebuah museum juga didirikan di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Semua barang-barang Nike tersimpan disana, seperti pakaian yang dikenakannya saat kejadian dan replika kamar Nike Ardilla.
Dikutip dari buku "100 PEREMPUAN PALING BERPENGARUH DI INDONESIA. Nike Ardilla menduduki peringkat 4 dari 100 perempuan tersebut. Dia berpengaruh karena:kegiatan amal yang ia lakukan di seluruh penjuru indonesia,nyaris semua remaja perempuan meniru dia,mulai dari gaya rambut hingga cara berpakaiannya,Nike Ardilla adalah icon dari aliran musik slow rock,buktinya setelah kematian Nike Ardilla pada tahun 1995 akibat kecelakaan musik slow rock tak lagi berjaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar